Minggu, 30 Maret 2014

Alien ?

 


Alien ?

Gw gak tau udah berapa hari gw kenal dia, udah berapa jam yang gw habisin sama dia. Gak terasa udah banyak waktu yang terlewat, banyak hal yang secara gak sadar membuat gw suka sama dia. Ini gak wajar, walaupun kita sudah cukup lama kenal tapi perasaan ini memang gak wajar menurut gw. Semakin gw kenal dia, semakin banyak ketidak-cocokan yang ada diantara kita. Ada banyak hal yang harusnya bisa membuat gw ilfeel sama dia, tapi ternyata nggak. Ada hal-hal yang dia suka yang gw benci dan mungkin begitu juga sebaliknya. 

Banyak yang bilang cinta itu buta, gak kenal siapapun dia, dari suku dan ras mana, tapi gw mencoba untuk lihat dari sudut pandang yang berbeda. Gw selama ini selalu mencoba untuk membuat semuanya menjadi rasional bahkan perasaan cinta yang katanya irrasional sekalipun. Perempuan ini adalah makhluk yang mungkin sama sekali berbeda dari gw, dan kita benar-benar berbeda. Gw adalah makhluk dengan penjara yang membuat gw terus berusaha dan mengembangkan diri agar bisa keluar, dan dia adalah makhluk dengan pikiran bebas yang hidup indah didalamnya tanpa perlu berusaha untuk menjadi lebih bahagia. Dan soal perasaan ini gw mencoba untuk berpikir dari sisi yang sangat rasional. Gw coba berpikir hal-hal apa aja yang membuat gw suka sama dia, hal-hal yang mungkin bisa menjelaskan kenapa timbul perasaan "aneh" ini. Dari sana gw menemukan beberapa hipotesis kenapa gw bisa suka sama dia contohnya nyaman, menarik, gak ribet.

Kenapa nyaman? karena itu yang gw rasain sama dia, dari pertama kali ketemu samapai detik ini gw bisa jadi diri sendiri dan gak perlu munafik dengan pencitraan semu. Jadi bisa dibilang gw nyaman sama dia dan dia adalah perempuan yang begitu apa adanya.
Kenapa menarik? ini yang sebenernya gw ragu dia menarik atau nggak. Karena seperti yang udah gw bilang tadi ada hal-hal yang gw benci dari yang dia suka. contohnya hobinya, gw benci sama hobinya dia. tapi dia menarik karena tingkah lakunya yang bisa dibilang jenaka. Walaupun gw gak tau persis jenaka itu apa, tapi mungkin itu kata yang paling pas untuk menjelaskan tingkahnya.
Kenapa gak ribet? karena dia salah satu perempuan yang enak buat jadi temen, sahabat, atau mungkin pacar.. mungkin (?) Dia adalah seorang perempuan yang gak terlalu mementingkan penampilan, gak takut kotor, dan gak ngeluh soal ini itu yang gak jelas kayak kebanyakan yang lain.

Walaupun udah dapet hipotesis-hipotesis gw ternyata masih belum sepenuhnya puas dengan jawaban itu. Karena hal yang gak gw suka dari dia lumayan banyak. Akhirnya gw putuskan karena perbedaan kita yang banyak itu yang membuat gw tertarik. Dengan banyaknya perbedaan, hal suka dan benci disaat yang bersamaan itu yang membuat pertemuan jadi lebih menarik. Dengan membayangkan punya hubungan seperti itu gw yakin gak membosankan, karena gw termasuk orang yang gampang jenuh.

Dia seperti makhluk dari planet lain yang gak bisa diprediksi tingkahnya dan gak bisa ditebak pola pikirnya. Makhluk yang terlalu beda dengan makhluk yang ada disekitar, terlihat sangat mencolok bahkan mungkin mengganggu. Makhluk yang yang masih mencari tahu planet apa yang sebenarnya dia tinggali selama ini atau mungkin sedang belajar beradaptasi dengan planet ini. Atau gw yang sebenarnya makhluk asing yang datang ke planet ini, yang nyasar entah darimana. Jangankan untuk mengerti makhluk asli planet ini, diri sendiri pun masih belum sepenuhnya dimengerti. Menurut gw, kita semua adalah alien untuk semua orang yang gak mencoba lebih dekat. Kita semua alien buat orang yang melihat dengan mata yang tertutup atau bahkan dengan sebelah matanya. Tetapi, apakah kita semua tetap alien untuk orang yang sudah lama kenal? apakah jadinya bila alien-alien ini memiliki perasaan kepada yang lainnya atau bahkan manusia biasa?
jadi, apakah gw alien? atau dia? kita berdua? menurut gw itu bukan masalah.. :)

1 komentar: