Jumat, 21 Maret 2014

Pengalaman baca novel

 


Pertama kali gw memutuskan buat baca novel adalah pada saat gw nemu sebuah artikel dan disana ada perbedaan intensitas membaca dinegara maju dan negara berkembang. Kalau di negara maju intensitas rata-rata membaca perorangnya adalah 2-3 jam perhari, sedangkan kalau dinegara berkembang termasuk Indonesia intensitas rata-ratanya adalah 15 MENIT !. Jauh banget kan bedanya kita sama negara maju sana. Untuk materi yang dibaca, di artikel itu gak mempermasalahin materi apa aja yang di baca. Dari sana gw baru berkaca kalau gw sendiri jarang banget baca, paling juga baca materi kuliah, komik, berita online, paper dan lain-lain, itu pun gw merasa kurang cukup karena gak intens setiap hari gw ngelakuinnya. Dari keadaan itu yang membuat gw memutuskan untuk mencari sumber bacaan dan sumber itu tertuju pada NOVEL.

Awalnya gw agak ragu buat baca novel, karena menurut gw yang bodoh dan malas baca ini nganggep novel terlalu tebel buat dibaca (haha..). Lalu pada suatu hari disaat waktu gw kosong lebih tepatnya gak ada kerjaan, gw melakukan perjalan random ke toko buku, sebut saja gramedia. Gw mulai cari-cari novel dari sana, dan lu tau kriteria novel pertama yang gw cari ?? bukan soal cerita baik fiksi ataupun apalah itu, bukan juga dari penulisnya, yang gw cari cuma 1.. novel yang HALAMANNYA DIKIT! (cukup hina memang -_-). Saat itu gw cuma beli 1 novel karena gw masih pelit buat beli buku, dan gw sangsi sendiri takut gak dibaca. Bisa gw bilang progres baca gw waktu itu cukup sukses, walaupun untuk novel setipis itu gw butuh waktu berhari-hari untuk ngabisinnya, tapi gw Berhasil ! B-) . Novel pertama gw itu ceritanya menarik walaupun ada kekurangan dibagian penerjemaahan bahasanya.

Lalu, gw berlanjut lagi cari buku dan kali ini gw coba bukan novel, gw nyari novel tentang psikologi dan agama gitu dan sukses GAK GW BACA! (moron!). Karena, menurut gw gak menarik dan emang gak menarik -_-". Jadi, untuk nerusin kebiasaan baca itu, gw nyari novel lagi. Kali ini gw gak beli tapi pinjem-pinjem keanak kosan dan itu bener-bener sukses nerusin kebiasaan baca buat gw. dari sana gw ngobrol sama salah seorang temen kosan gw yang seneng baca karya sastra dan menurut gw pola pikir dia bagus. Dari obrolan-obrolan itu gw baru sadar walaupun ada novel yang kesannya perempuan banget tapi belum tentu isinya begitu (don't judge the book by its cover bro!). Gw dari temen gw ini juga jadi sadar, di dalam karya sastra itu Bukan cuma cerita panjang dengan ending sedih atau bahagia, tapi didalemnya juga ada kreativitas, perasaan, pola pikir bahkan ideologi!. Gw selama ini terlalu meremehkan yang namanya sastra, tapi sekarang udah berubah. Gw yang selama ini cuma nganggep novel bacaan cewek, orang kurang kerjaan dan sebagainya, nganggep kalo novel itu sebuah karya yang emang gak bisa di judge sebelum dibaca walaupun cover-nya warna pink unyu, tapi isinya belum tentu begitu.

Sampai saat ini gw masih sering baca novel dan gw sampe beli-beli terus karena ketagihan. Penulis yang lagi gw baca karyanya itu sekarang tere liye (yang gw kira tadinya itu perempuan tapi ternyata laki -_-). Banyak pola pikir dan ideologi bagus dari karyanya kalo lu gak cuma baca dan mau menelaah lagi lebih jauh. Dari novel gw juga dapet banyak hal baru. Bahkan menurut gw pribadi, gw bisa ngembangin kepribadian dengan menelaah ceritanya lebih jauh lagi. Buat yang pengen coba buat biasain baca tapi malesnya sampe ke udel-udel, coba deh baca novel kalo bisa cari tau dulu novel yang bagus dari temen deket atau orang yang suka baca. Emang awalnya males banget tapi kalo udah dapet novel yang lu ngerasa ceritanya itu bagus banget, lu bakalan susah berenti baca novel itu sampe lupa boker (who knows ?). Jadi paksain aja kalo emang mau, kalo gak dipaksa gak bakalan jalan bro. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar